Wednesday 19 September 2012

Tips Memilih Browser untuk Android


Android, salah satu sistem operasi yang paling banyak diminati saat ini. Sebenarnya ada banyak sistem operasi lainnya yang sedang populer, seperti misalnya iOS dari Apple. Namun karena banyak gadget yang menggunakan sistem operasi berbasis Android, maka tak heran jika Android cukup terkenal.

Bagi kita yang menggunakan perangkat dengan sistem operasi berbasis Android, pasti pernah mencari-cari browser yang bagus untuk menjelajahi internet. Karena seringkali browser yang kita gunakan mengalami masalah, walaupun telah dipasang browser bawaan.


Beberapa browser yang sering kita gunakan di PC antara lain Google Chrome dan Mozilla Firefox. Keduanya cukup populer di tanah air. Saya sendiri lebih suka menggunakan Google Chrome, karena tampilannya yang simpel dan memiliki kecepatan yang bagus untuk menjelajahi dunia maya.




Sayangnya, Google Chrome ini tidak bisa digunakan di sembarang Android. Hanya Android seri 4 ke atas yang bisa dipasangkan Google Chrome.


Ada beberapa cara untuk memilih browser yang enak di gadget berbasis Android, yaitu sebagai berikut :

  • Pertama adalah kecepatan untuk membuka aplikasi browser tersebut. Ada browser yang dibukanya saja cukup lama dan menghabiskan waktu sehingga membuat kita kurang nyaman dan jenuh.
  • Kedua adalah kecepatan untuk menjelajahi internet dan membuka halaman. Tak jarang, pada browser tertentu cukup menghabiskan waktu yang lama untuk membuka halaman, apalagi kalau kita mau membuka jejaring sosial video seperti youtube misalnya. 



  • Ketiga adalah tampilan dan fiturnya. Walaupun tak terlalu penting, namun tampilan, disain dan fitur dari suatu browser menjadi suatu nilai tambah tersendiri. Cobalah sebisa mungkin mencari browser dengan tampilan yang dinamis, familiar dan sederhana, sehingga tidak terlalu sulit untuk beradaptasi. Tapi bagi anda yang sudah terbiasa dengan suatu browser, sepertinya tidak akan masalah pada tampilannya kan...


Dari berbagai survey dan percobaan pada beberapa browser Android, yaitu Dolphin for Pad, Firefox, Opera dan Skyfire 4. Ternyata Skyfire menjadi browser yang memiliki nilai tertinggi untuk Android. Kelebihan browser ini adalah adanya beberapa fitur yang sangat unik, seperti integrasi Facebook dan Twitter dan pengaturan halaman lebih mudah. Skyfire juga menyediakan cara termudah untuk beralih dari mode mobile ke desktop.


Kebanyakan browser dari luar memiliki berbagai kelebihan dibandingkan dengan browser bawaan yang otomatis sudah terpasang di gadget Android kita. Sayangnya, tidak semua gadget Android bisa sesuai dengan browser tersebut, seperti Chrome misalnya.

Itulah beberapa tips memilih browser yang nyaman untuk Android. Yah, walaupun begitu, keputusan akhirnya ada di tangan anda sebagai pengguna gadget dan pemakai browser tersebut. Silahkan mencoba browser terbaik untuk gadget Android anda. Have a nice day... ^_^


0 tanggapan:

Post a Comment

Pengikut