Tuesday 9 March 2010

Patriotisme : Solusi Dalam Menangani Masalah Pelajar

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
Salam sejahtera untuk kita sekalian.


Para Pembaca sekalian, akhir-akhir ini kita sering mendengar adanya kasus tawuran antar pelajar di berbagai daerah Republik Indonesia. Alangkah menyedihkan, karena rasa persatuan dan patriotisme pelajar semakin luntur karena pengaruh globalisasi dan warisan budaya bangsa asing dalam memecah persatuan (politik adu domba). Para pelajar mungkin tidak menyadari jika mereka saling memiliki rasa patriotisme, maka tidak ada alasan lagi bagi mereka untuk melakukan tindakan anarkis tersebut.

Bila kita kaji lebih dalam, sesungguhnya rasa patriotisme itu dapat menjadi solusi yang tepat dalam menangani berbagai masalah yang dialami oleh pelajar. Jika para pelajar di negara kita memiliki rasa patriotisme yang besar, mereka bisa menjadi pelajar yang berkualitas dan bermutu tinggi. Contohnya, pelajar yang memiliki rasa patriotisme tidak akan menyontek pada saat ujian. Mereka sadar bahwa ujian tersebut diadakan untuk menjadi tolak ukur kemampuan belajar mereka. Sehingga mereka melaksanakan ujian tersebut dengan usaha mereka sendiri.

Lain halnya jika pelajar di negara kita tidak memiliki rasa patriotisme, maka akan terjadi banyak tawuran, kebobrokan dalam sistem pendidikan, bahkan dapat menyebabkan kehancuran pada roda pemerintahan.

Jadi, para pelajar hendaknya mulai menerapkan rasa patriotisme dan nilai-nilai moral lainnya, agar dapat menjadikan negara kita sebagai negara dengan generasi pelajar yang berkualitas dan bermutu tinggi.

Mohon ma'af apabila ada kesalahan kata maupun kata-kata yang kurang berkenan.

Atas perhatian, saran maupun kritik anda, saya ucapkan terima kasih.

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

2 tanggapan:

Anonymous said...

Patriotisme pemuda pemudi sekarang sama idolanya masing-masing...

Apalagi kalo sama boyband dan girlband yang lagi (dipaksakan) ngetop itu...

Menjijikkan...

Rizki Putranto said...

iya bener banget mbak Resti....
apa sih jaman sekarang, makin nggak jelas aja, lama kelamaan semakin luntur sikap patriotisme pemuda pemudi jaman sekarang... makin gampang aja kalo mau dihancurin ama negara asing..

sama mbak, saya juga tidak suka sama yang namanya boy/girlband itu, cuma modal cakep doang..

apa jadinya ya generasi kita mendatang?

Post a Comment

Pengikut