Tuesday 9 March 2010

Definisi Patriotisme


Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
Salam sejahtera untuk kita sekalian.

Para pembaca sekalian, sebagaimana kita ketahui negara kita telah 65 tahun merdeka dari penjajahan bangsa asing yang ditandai dengan Proklamasi Kemerdekaan pada 17 Agustus 1945. Perjuangan memperoleh kemerdekaan tak semudah yang kita kira. Seluruh rakyat Indonesia bersatu mengorbankan harta dan nyawa mereka demi terwujudnya suatu impian, yaitu MERDEKA!!! Rasa cinta tanah air dan patriotisme sangat tampak di kalangan pemuda Indonesia. Contoh nyata Patriotisme pemuda untuk mempersatukan bangsa ialah Soempah Pemoeda pada tanggal 28 Oktober 1928 yang bertempat di Jalan Kramat Raya nomor 106 , Jakarta Pusat (sekarang menjadi Museum Sumpah Pemuda)

Menurut definisi saya, patriotisme "berarti suatu sikap cinta tanah air dan rela mengorbankan dirinya sendiri demi kepentingan bangsa dan negaranya". Pemuda yang memiliki sikap patriotisme sangatlah diperlukan untuk membangun sebuah negara yang adil, makmur dan sejahtera. Namun, pada saat ini mungkin di dalam kehidupan sehari-hari kita kurang menyadari makna dari patriotisme itu sendiri, sehingga negara kita belum dapat menjadi suatu negara yang "super".

Mungkin kelak suatu hari yang akan datang, akan muncul bibit-bibit generasi pemuda yang memiliki rasa patriotisme yang tinggi, demi terwujudnya bangsa dan negara yang "super".

Mohon ma'af apabila ada kesalahan kata maupun kata-kata yang kurang berkenan.

Atas perhatian, saran maupun kritik anda, saya ucapkan terima kasih.

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

0 tanggapan:

Post a Comment

Pengikut